Pemikiran Yang Salah Mengenai Bahasa Medan

Suatu Hari, Disebuah Kapal tanker kebetulan Saya bertemu dengan seorang yang Keturunan Jawa. Jadi Kami berbincang-bincang karena kami satu rekan kerja.
Banyak yang kami ceritakan mengenai Keadaan bahasa didaerah masing-masing. Dan karena kebetulan membahas bahasa, Dia juga singgung tentang bahasa batak.
Jadi Dia bilang begini, O.. Nainggolan Orang batak juga Kau ya, Pasti Jagolah Kau nyanyi Batak. Dia meniru Logat batak, Dan saya Jawab Tentu dong.
Bukan cuma nyanyi batak, Nyanyi yang lain juga boleh. (candaku)
Semakin lama kami berbincang-bincang Semakin banyak pula yang kami ceritakan.
Dan Seketika itu,Dia bertanya kepada saya.
"Nainggolan... Kau Ajarilah Aku ini Bahasa Medan"
Salah

Bhasa medan? Emang ada bahasa medan ya? Yang khusus dari medan lah berarti kalau dibilang bahasa medan. Trus Apa lah bahasa medan itu, Seperti apakah Bahasa medan itu.
Jadi, Karena Mendengar Pertanyaan nya itu, Maka saya jadi tertatik Menulis Artikel ini. yaitu Pemikiran Yang Salah Mengenai Bahasa Medan.

Jadi Sebenarnya Bahasa Medan Itu tidaklah ada.
Mengapa? Padahal banyak yang bilang Bahasa medan.
Dimedan itu sudah banyak Campuran bahasa dari berbagai daerah. Ada Bahasa Batak Toba, Ada Bahasa Batak Simalungun, Ada Bahasa Batak Karo, Padang, Dan Tidak Jarang juga Ada yang menggunakan Bahasa jawa. Dan masih Banyak lagi.
Saya tidak jarang menemukan Orang jawa menggunakan bahasa jawa di medan,
Bahkan Dari beberapa daerah juga menggunakan Bahasa masing-masing.

Jadi sudah sangat beragam Bahasa itu di medan.

Lalu,Mengapa selama ini yang kita lihat di Tanyakan televisi Membuat Logat bahasa yang katanya Bahasa medan?
Sebenarnya itu bukanbahasa medan.
Setiap Orang yang berasal dari medan,Kalau pergi merantau Kejakarta atau yang lain, Atau kalau masukTV, Biar cepat dikenal Orang maka Logat bahasanya Meniru Logat Bahasa Batak.
Dan Rata-rata yang ditiru Adalah Logat Bahasa Batak toba.
Oleh karena itulah makanya sering dibilang bahasa medan. Sebenarnya itu adalah sebuah Pemikiran Yang salah. Lebih bagus bahwa itu adalah Bahasa batak.
Jadi Bila mendengar Logat bahasa yang sepertiitu, Berarti Bukan sebuah bahasa Medan. Tapi hanya agar lebih mudah dan cepat di kenal Dan tahu, Bahwa Dia berasal Dari medan.


Batak Punya Updated at: 8:11 PM