Gerhana bulan 4 april 2015, Gerhana Bulan Sabtu Petang

Gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda/objek yang melintas di depannya.

Gerhana bulan terjadi saat sebagian/keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi jika bumi berada di antara matahari & bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan sebab terhalangi oleh bumi.
Ada kalanya bulan hanya lewat dibagian tepi bayang-bayang umbra, sehingga permukaannya yang menjadi gelap hanya sebagian saja. Pada saat seperti ini yang terlihat adalah gerhana bulan sebagian.

Di perkirakan Gerhana bulan akan terjadi pada Sabtu petang nanti.

"Sehubungan Gerhana Bulan pada Sabtu 4 April kepada umat Islam diserukan untuk menunaikan Shalat Kusuful Qamar di masjid/mushalla/rumah," ujar Ketua MUI Din Syamsuddin, Sabtu (4/4/2015).

Selain di Jakarta, gerhana bulan ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Indonesia barat gerhana bulan total akan mulai terjadi pada pukul 17.16 WIB-20.45 WIB, untuk Indonesia tengah gerhana akan terjadi pukul 18.16 Wita-21.45 Wita, sedangkan untuk gerhana bulan total di Indonesia timur akan terjadi pada 19.16 WIT-22.45 WIT.

Gerhana bulan 4 april 2015, Gerhana Bulan Sabtu Petang

Jenis Gerhana Bulan


Gerhana bulan total - Pada gerhana ini, bulan akan tepat berada pada daerah umbra.
Gerhana bulan sebagian - Pada gerhana ini, tidak seluruh bagian bulan terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan bulan.
Gerhana bulan penumbra - Pada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.


Batak Punya Updated at: 5:58 PM