Pernikahan Orang Batak yang tidak di perbolehkan dan Dilarang - Kamu Harus Tau

Sigotom.com - Menikah adalah sudah menjadi sebuah kewajiban setiap orang. Begitu juga dengan orang batak. menikah juga sudah menjadi keharusan untuk memperoleh Keturunan. Tujuanya adalah supaya Kelak di hari tua ada yang mengurus, dan paling utama juga adalah yaitu Supaya memperoleh keturunan laki-laki dan bisa meneruskan Marganya sendiri.

Apakah memperoleh Anak laki-laki adalah sebuah keharusan bagi Orang Batak?
Sebenarnya dari nenek moyang dulu adalah Bahwa laki-laki lah yang membawa Nama dari kelurga tersebut. Jadi Marga si perempuan hanya berlaku untuk dirinya sendiri. kalau dia menikah.. maka Marganya tidak di wariskan kepada anaknya, melainkan Marga anaknya Adalah marga Ayahnya sendiri. Jadi itu sebabnya ayahnya memperoleh generasi Penerus.

Semakin berkembangnya jaman, Jika hanya anak perempuan yang di kasih Tuhan, Banyak yang berusaha Mencari solusi, seperti mengadopsi Anak laki-laki, dan juga tidak sedikit juga yang menerima keadaan. Orang batak Selalu berkata " Toe Ma Dos do borua dohot Baoa". Mereka pun harus pasrah menerima Marganya tidak di wariskan. Jadi intinya, sebernarnya tidak menjadi keharusan, akan tetapi akan lebih bak jika di usahakan Anak Laki-laki.

Nah.. sebelum Menuju kesitu, daam pernikahan orang batak juga tidak asal-asalan. banyak yang harus di lihat dan harus di patuhi. memenuhi aturan sudah menjadi kewajiban orang batak, seperti memenuh aturan yang di larang dalam pernikahan dalam suku batak.
Berikut Pernikahan Orang Yang tidak di Izinkan:

1. Satu Marga Tidak bisa Menikah

Ilustrasi Prnikahan Terlarang
Ilustrasi Prnikahan Terlarang
Adat batak itu sangat baik dan selalu di patuhi oleh masyarakat batak. Seperti halnya, orang batak yang satu marga tidak boleh menikah. karena itu tergolong ITO. Jadi Contohnya, Si Togar Marga nainggolan Pergi ke America, disana dia bertemu dengan Si Rodiana Boru Nainggolan. Maka mereka tidak bisa menikah, karena itu statusnya MARIBOTO. Entah dari mana pun itu, Jika satu marga, memang tidak boleh menikah.


 

2. Namarpadan Dilarang menikah ( dalam Adat batak )

Seperti yang no satu tadi, Satu marga tidak boleh menikah. Namun Beda marga juga dalam adat batak tidak boleh menikah Karena Marpadan. Marpadan ini sungguh Luar biasa Karmanya jika sampai terjadi pernikahan yang satu padan. Sudah tidak boleh menikah dengan satu marga, maka Lebih baik menikah dengan satu marga apabila Menikah dengan Satu Padan.

Mengapa demikian?
Memang itulah nasihat dan juga tkdir yang telah di buat nenek moyang Orang batak. semua nasihat (PODA) yang telah di wariskan kepada generasinya harus benar-benar di patuhi.
Kenapa Ada padan dalam suku batak toba?
Barbagai alasan mengenai hal ini, Tapi yang jelas, dulu jika ada sebuah masalah.. maka Mereka mengatakan sebuah Sumpah. Dan akan Mengalir teus sampai generasi yang keberapa pun itu. Lain dengan sumpah Anggota DPR, jika mereka bersumpah tidak boleh Korupsi, maka jika melanggar Banyak yang tidak dampak akibatnya, jadi kalau orang batak, Jika melanggar Padan, maka Akibatnya pun dengan segera akan di dapat.

Inilah beberapa marga batak yang marpadan

Nainggolan Marpadan dengan Siregar
Tampubolon Marpadan dengan Sitompul
Purba Marpadan dengan Lumbanbatu
Pasaribu Marpadan dengan Damanik
Sinaga Bonor Suhutnihuta Marpadan dengan Situmorang Suhutnihuta
Sinaga Bonor Suhutnihuta Marpadan dengan Pandeangan Suhutnihuta

Hutabarat Marpadan dengan  Silaban Sitio
Manullang Marpadan dengan  Panjaitan
Sinambela Marpadan dengan  Panjaitan
Sibuea Marpadan dengan  Panjaitan
Sitorus Marpadan dengan  Hutajulu (termasuk Hutahaean, Aruan)
Sitorus Pane Marpadan dengan Nababan
Naibaho Marpadan dengan  Lumbantoruan
Silalahi Marpadan dengan  Tampubolon
Sihotang Marpadan dengan  Toga Marbun (termasuk Lumbanbatu, Lumbangaol, Banjarnahor)
Manalu Marpadan dengan  Banjarnahor
Simanungkalit Marpadan dengan  Banjarnahor
Simamora Debataraja Marpadan dengan  Manurung
Simamora Debataraja Marpadan dengan  Lumbangaol

3. Pariban Yang Boleh Di nikahi dan Pariban yang tidak boleh di nikahi

Boru Ni tulang.. Tulang kandung Sangat boleh di nikahi, bahkan Orang batak sering menjodohkan anaknya kepada paribanya supaya mereka menikah. namun disampaing itu, pariban juga ada yang tidak boleh d nikahi, seperti Dalam satu keturunan Pak nainggolan, ada anaknya lima, dan juga pariban kandungnya ada Lima.. maka tidak boleh mereka berlima Menikahi paribankandungnya. jika Salah satu dari mereka telah menikah dengan pariban kandungnya,maka yang 4 orang lagi tidak boleh meniahi pariban kandungnya itu lagi.

Tapi bukan cuma pariban kandungnya saja yang begitu, kepada setiap marga saja. jadi jika salah satu anggota dari keluarga mereka telah menikahi gadis dari sebuah kelurga, maka Yang di perbolehkan hanya satu saja. selain itu tidak boleh lagi.

4. Tidak boleh Menikahi Boru Dari Namboru

Laki-laki tidak boleh menikahi anak perempuan dari namboru sendiri. Namboru itu adalah ( Adik perempuan Atau kakak kandung Perempuan Dari Ayah). Akan tetapi sebaliknya, Perempuan boleh menikah dengan Anak namborunya sendiri karena Mereka adalah Ber Pariban.

Itulah beberapa Sebuah adat yang harus dipatuhi orang batak, dan juga harus benar-benar d patuhi. Oke silahkan baca juga artikel kami yang lain seperti:
Mengapa Hanya Orang Batak Toba Yang Terkenal?


Batak Punya Updated at: 2:52 AM

1 komentar:

  1. Pada point ke 4 ditulis tidak boleh menikah dengan boru dari namboru kandung..
    Kalau yang tidak sekandung bagaimana?
    Karna kalau dalam alkitab pun hanya tertulis tidak boleh menikah dengan seseorang yg memiliki hubungan darah.
    Tolong dijelaskan. Terimakasih

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.