Prinsip Orang Batak - Anakkon hi do Hamoraon di Ahu

Sigotom.com - Lagu orang batak engatakan, bahwa Anakkon hi do hamoraon Di Ahu ( Ankku Adalah kekayaan Bagiku ). Prinsip ini sudah memang dari neneng moyang yang dulu. dimana mereka berusaha memiliki anak dan anak laki-laki yang menjadi Pewaris Marga, sekaligus harda dari neneg moyang.

Apakah memiliki Anak banyak Adalah salah satu Pronsip orang batak?
Sebenarnya prinsip ini adalah prinsip orang dulu. Sampai ada Pantun orang batak mengatakan,
Gadu-gadu ni sipoholon Tu gadu gadu ni silindung, Maranak Sampulu onom, Marboru sampulu pitu.
Nah, mereka berusaha ebuat anak sebanyak mungkin, dan semakin banyak anak, maka mereka Akansemakin banyak Rejeki.
Namun hal ini, semakin lama-semakin menghilang. dimana Sudah banyak yang mengikuti Program KB, dan juga Orang batak selalu berusaha menyekolahkan anak-anaknya setinggitingginya.
Jadi biar anak bisa sekolah, apapun pasti di lakukan.

Prinsip Orang Batak

Anak laki-laki Haruskah ada dalam Keluarga Orang batak?
Seperti yang kami katakan tadi, bahwa yang membawa Marga batak itu adalah laki-laki. jika dala satu keluarga tidak mendapatkananak laki-laki, Anak perempuanya nikah sama orang batak yang lain, maka Marga nya akan hilang. Itulah sebabnya orang batak selalu berusaha keras untuk endapatkan Seorang anak laki-laki. bahkan mereka tidak pernah Bosan untuk mencoba mencptakan anak laki-laki hingga mereka mendapatkanya.

Namun, hal ini sekarang sudah di iklaskan. Dos do boa dohot Borua. Orang batak pun tidak dapat berbuat apa-apa ketika tidak endapat anak laki-laki. dan sudah menerima dengan Iklas.

Jadi yang terpenting adalah, bahwa orang batak itu adalah sifatnya bekera keras, tergantung orangnya meang.. Tapi Rata-rata. dan juga Orang batak itu berusaha Iklas, meski Itu berat. Inlah yang perlu di tiru dari orang batak, yang memiliki prinsip Yang luar biasa. Dan orang batak juga selalu memegang yang satu ini,yaitu : Hagabeon, Hasangapon, Hamoraon ( Kesuksesan, Kehormatan, Kekayaan).


Batak Punya Updated at: 11:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.