Sejarah Monumen Nasional ( MONAS ) Indonesia dan juga Kisah fakta mengenai Monas

Sigotom.com - Sudah pernah Ke Monumen Nasional atau sering di singkat dengan MONAS? Monumen Nasional ini terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Kamu bisa Jalan-jalan ke monas apabila ada waktu.

Kita akan bahas disnini Mengenai Sejarah Monas.
Jakarta meupakan Ibu kota indonesia. Semenjak Soekarno Menjabat sebagai presiden, maka sebuah idemuncul uncuk membangun sebuah Monumen Nasional. Tujuan utamanya adalah, supaya para peminpin kita selalu di kenang, Dan juga semangat generasi penerus bangsa terus Terpacu dan berkobar.

Tepat Pada tanggal 17 Agustus 1954, banyak sekali ide untuk membentuk sebuah Monumen nasional. dimana pada saat itu sebuah sayembara dibuat hingga tahun 1955. namun dari banyaknya ideyang muncul, ternyata sebuah karya dari Orang batak yaitu  Frederich Silaban, Menjadi karya yang di pilih. Tentu alasanya mengapa di pilih adalah, karena sesui dengan Apayang akan Indonesia Lihat di masa yang akan datang.

Monumen Nasional ( MONAS )
 Kemudian pada tahun 1960 sayembara kembali di gelar, dan semua ide yang datang masih saja menonol kepada ide Frederich Silaban. Soekarno sendiri berharap agar Monumen itu berbentuk Yoni dan juga lingga. jadi mengenai Ide dari Frederich Silaban, Soekarna masih mempertimbangkan.

Setelah Frederich Silaban juga merancang tema yang serupa, hal ini tidak terlaksana. dimana saat itu, negara kita sedang mengalami Krisis sehingga di undur dan akan di bahas kembali setelah anggaran negara tercukupi. Namun Soekarno tidak mau menunggu lama-lama,hingga pada tanggal 30 Agustus 1959 soekarno membuat keputusan Presiden RI Nomor 214 Tahun 1959, ini adalah mengenai Pembentukan Panitia Monumen Nasional.

Pada tanggal 12 Juli 1975, Tugu inipunmulai di rancang oleh arsitek Indonesia ternama pada saat itu, diantaranya yaitu Soedarsono, Frederich Silaban dan Ir Rooseno. Soedarsono sendiri memasukkan angka 17, kemudian angka 8 dan angka 45.Kemudian di bangunlah monas ini tingginya 132 meter dan sesuai dengan ide yang telah di sepakati bersama yaitu berbentuk lingga dan yoni.

Di bangunan monas ada Lidah Api, Ini adalah simbolbahwa semanagt indonesia yang telah erebut kemerdekaan . Simbol lidah emas ini dilapisi dengan 50 kilogram lembaran emas.

Jadi, Monumen yang kini menjadi ciri khas dari Ibu Kota Jakarta tersebut dibangun pada 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Tag:
gambar monas, harga tiket masuk monas, sejarah berdirinya monas, sejarah monas, tugu monas, berat emas monas, tmii, alamat monas, sejarah monas dan gambarnya, sejarah masjid istiqlal, sejarah menara eiffel, artikel monas, sejarah monas dalam bahasa inggris, makalah sejarah monas, berita sejarah monas,sejarah tmii, fungsi monas, penjelasan tentang monas, berita monumen nasional, tiket masuk monumen nasional, jadwal monumen nasional. fasilitas monumen nasional, letak monumen nasional, harga tiket masuk monumen nasional, tiket masuk monumen nasional juli 2015. Ulang tahun Monas, Hari peringatan Monas, Tanggal Resmi Monas, Ulang tahun Monumen Nasional ,Hari peringatan Monumen Nasional . 40 Tahun Monumen Nasional, Laman Google Tampilkan Tugu Monas, 40 Tahun Monas, Dibangun Sukarno dan Dibuka Soeharto, Google Peringati 40 Tahun Monas, Ini Sekelumit Sejarahnya, Google Doodle Rayakan Hari Jadi Monas yang ke-40, Google Doodle Hari Ini Peringati 40 Tahun Monas, Hari Ini Google Doodle Peringati 40 Tahun Monas.


Batak Punya Updated at: 3:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.