12 Makanan Tradisional Khas Batak Medan Sumatera Utara Paling enak dan lezat

Berbicara mengenai wisata Kuliner, maka diindonesia sangatlah banyak destinasi wisata kuliner yang bagus. Namun tidak salah jika anda memilih berwisata kuliner ke sumatera utara. Diamana sumatera utara memiliki makanan khas, Terutama disana ada khas batak yang sekali anda coba tertarik akan mencobanya lagi.

Makanan Khas Batak Yang Di Rindukan:
Orang batak terkenal bukan cuma logat bahasanya yang unik, memiliki suara indah.Namun orang batak di kenal indonesia bahkan dunia,, juga adalah karena masakan dan menu makanan yang langkah namun Enaknya luar biasa. Apa saja makanan tradisional orang batak yang paling di cari?

1. Dengke Mas Na Ni Ura

Dengke Mas Na Ni Ura

Orang batak menyajikan ini dulunya hanya untuk Raja saja. Namun begitu tahu rasa dan lezatnya makanan na ni ura ini, banyak semua ingin mencobanya sehingga Makanan ini pun populer, dan sekarang menjadi makanan khas batak. Bagaimana cara membuat Dengke Mas Na Ni Ura, atau cara memasak Dengke Mas Na Ni Ura?
Ikan Mas Na Niura di buat dengan Lauk Pauk akan tetapi tidak dimasak,tidak di goreng atau semacamnya yang menggunakan api, karena na niura dalam bahasa Batak artinya ikan yang tidak dimasak,Dengke Mas Na Ni Ura dibuat dengan bumbu yang lengkap sehingga yang akan membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak, yang artinya bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut.

2. Manuk Napinadar
Manuk Napinadar
Manuk Napinadar atau Ayam Napinadar adalah masakan khas Batak yang biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu.
Untuk mengerjakan resep yang satu ini agak sedikit rumit, butuh waktu dan kesabaran. PTau lebih jelasnya silahkan baca :
Cara membuat Ayam Napinadar
Yang membuat Manuk napinadar ini paling dicari adalah, karena nikmat dan lezatnya yang tidak tertahankan.

3. Sambal Tuktuk
= Sambal Tuktuk

Memang sambal Tuktuk ini adalah sambal yang lezat. Orang batak bisa makan lahap hanya menggunakan Sambal tuktuk sebagai lauknya. Nah Sambal tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak Toba yang berasal dari Tapanuli.. Cara membuat sambal Tuk-tuk ini pun Tidaklah susah.Bahkan hampir sama dengan membuat sambal yang sering kita jumpai. Namun bedanya adalah, Ada campuranya yaitu Andaliman.Yang membuat rasanya jauh berbeda dari sambalyang lainya. Orang-orang juga yang telah lama tidak mencicipi makanan ini, begitu merindukanya.

4. Saksang
4. Saksang
aksang sudah ada sejak dari dulu, Makan ini adalah khas batak. Orang batak sangat suka makan Saksang. Jika ada acara, Seperti Pernikahan, Ualang tahun Dan acara-acara yang lain, Maka yang Hadir menu makananya Pasti selalu ada saksang.
Saksang adalah masakan khas Batak yang terbuat dari daging babi, daging anjing,  yang dicincang dan dibumbui dengan rempah-rempah dan santan, serta dimasak baik dengan menggunakan darah hasil sembelihan hewan tersebut (margota) ataupun olahan rempah biasa tanpa darah (na so margota). Rempah yang termasuk dalam bumbu saksang antara lain; jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman.
Untuk lebih jelasnya mengenai saksang ini, silahkan baca juga :
Cara Membuat saksang Yang Enak

5. Sasagun
Sasagun

Orang batak tidak terlepas dari makanan yang satu ini kalau ada perayaan hari besar. Contohnya tahun baru... Sasagun selalu manan Favorit orang batak. Sasagun adalah makanan ringan tradisional khas batak.
Makanan ini dibuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah/aren. Soal rasa bisa dicampur dengan nenas atau durian, kacang atau sesuai dengan selera.

Nah sampai sekarang... kalau orang tua datang keperantauan... contohnya untuk berlibur dengan anaknya,,, maka oleh-oleh yang paling sering di bawa adalah sasagun. Dan jika ada saudara yang pulang kampung... daningin kembali ke perantauanya,,, maka sasagun menjadi oleh-oleh yang paling di cari. Hemmm...

6. Mie Gomak
Mie Gomak

Kalau makanan ini, samapai sekarang masih diburu.Ini juga adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba. mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak, meskipun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan di saat menghidangkannya. Dijaman sekarang, orang bayak menggunakan makanan ini sebagai sarapan pagi.

7. Dali ni Horbo

 7. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo atau Bagot ni horbo adalah air susu kerbau yang diolah secara tradisional dan merupakan makanan khas Batak dari daerah Tapanuli. jadi kalau kamu bepergian ke tapanuli, maka makanan ini akanbanyak kamu jumpai di berbagai rumah makan bahkan sampai restoran.Anak perantauan juga selalu kangen dan rindu akan makanan yang satu ini.

8.Ura-ura

Dulu kalau ibu-ibu kumpul, maka mereka sering membuat Ura-ura.( Beta Mangura ). Namun makanan khas batak ini, hampir sudah dilupakan. Ura-ura itu adalah manan yang dikumpulkan dari berbagai jenis. Contohnya jambu yang masih asam, babal nangka, dan yang lainya. Kemudian dilumatkan dan tidak terlalu lumat. Dicampur dengan cabai, kemudian Asam. Mungkin anda tudah tidak pernah mendengarnya, atau bahkan di daerah anda tidak ada lagi seperti ini. hemmm

9. Ikan mas Arsik
Ikan mas Arsik

Ini adalah ikan mas yang di masak, atau sering disebut dengan ikan mas bumbu kuning. Adalah merupakan makan khas batak khususnya dari Tapanuli. Kau anda ingin tahu cara membuat arsik yang enank, maka anda bisa membacanya :
Cara Membuat ikan Mas Arsik, memasak dan bumbu ikan Mas arsik ( Masakan khas Batak )

 10. Itak Gurgur.
10. Itak Gurgur.

Itak Gurgur adalah makanan tradisional khas Batak yang pada umumnya digunakan pada acara adat Batak tertentu. Namun sekarang sudah banyak yang menyajikanya meski tidak dalam acara adat btak terterntu.
Itak gurgur dibuat dengan bahan yang sama dengan lampet, yaitu beras yang telah dihaluskan secara tradisional yang kemudian disebut itak. Rasa yang dihasilkan juga hampir sama dengan lapet, yaitu manis dan gurih.

11. Daun Ubi Tumbuk
11. Daun Ubi Tumbuk

Nah... daun ubi tumbuk ini masih sering kita jumpai di rumah makan batak. Daun ubi tumbuk adalah hidangan sayuran yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk. Secara tradisional daun singkong ini ditumbuk dengan menggunakan lesung dan alu batu atau cobek dan ulekan, meskipun demikian, cara lain dengan mengiris dan mencincangnya tipis-tipis, atau menggunakan alat blender atau pemroses makanan juga dapat dilakukan.

12. Ombusombus

Ombusombus

Kue Ombusombus adalah makanan atau jajanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara.
Kue ombusombus terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Nah diantara ke 12 masakan tradisional khas batak itu, manakah yang paling kamu minati???
Nah itulah 12 Makanan Tradisional Khas Batak ( Medan Sumatera Utara ) Paling di Cari. Semoga bermanfaat.


Batak Punya Updated at: 4:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.