Jenis tanaman hias ini Berbahaya, getahnya bisa mematikan manusia

Anda suka dengan tanaman hias???
Sebelum anda membuat tanaman hias di pekarangan rumah anda, ataupun di teras dan juga didalam rumah anda, maka kamu harus mengetahuai bahaya tanaman yang satu ini. Mungkin anda sedang memeliharanya. Apalagi bahaya tanaman ini bukan main-main.. karena waktu dalam semenit tanaman hias inibisa membunuh manusia.

Tanman yang kami maksud disini adalah namanya beras wutah, sri rejeki, dumb cane, pisang tanah dan lain-lain, atau Nama ilmiahnya adalah Dieffenbachia amoena.
Berikut gambarnya:
Dieffenbachia amoena
Dieffenbachia amoena
Melihat dari bentuknya, maka tanaman ini bisa dikatakan begitu indah dan menawan. Sehingga anda akan tertarik membuatnya dirumah anda.
Namun sebelum anda membuatnya, maka inilah bahaya yang mungkin anda belum tahu dari tanaman ini.

Tanaman ini sering disebut sebgai beras wutah.
Mengapa demikian?
Dilihat dari daunya seperti semburan putih di tengahnya dan warna daunya hijau. Sehingga berasal dari situ, tanaman hias ini dinamakan BERAS WUTAH.

Tanamanini memiliki racun yang cukup mematian. Tanaman ini bisa saja membunuh manusia hewandanyang lainya. dan yang sering terjadi adalah hewan,seperti kucing, kambing, yang kebetulan mengunyah daun Beras Wutah ini. Sehingga, yang paling di takutkan adalah anak-anak anda. Jika mengunyah daun tanaman ini, bisa-bisa anda akan kehilanganbuah hati anda. Sebab itu, anda harus waspada.... jika memang masih mau memehara tanaman ini,maka langkah tepat yang harus dilakukan adalah menjauhkan dari jangkauan anak-anak anda maupun hewan peliharaan anda.

Menurut penelitian, maka racun yang terdapat didalamnya biasanya berupa kristal oksalat (seperti kalisum oksalat), yang biasa dikenal dengan nama Raphide. Kristal yang berbentuk jarum ini bisa merusak secara mekanik permukaan kulit dan mukosa (seperti mulut dan saluran cerna), serta menyuntikkan protease yang berbahaya.

Yang paling diwapadai adalah anak-anak.Karena Anak-nak dalam waktu kurang dari 1 menit dapat dibunuh Sedangkan pada orang dewasa racunnya dapat menyebabkan kematian kurang dari 15 menit.

Memang kasus seperti keracunan tanaman ini sangat jarang terjadi.karena kasusnya adalah ibu-ibu yang tidak sengaja memasak, atau anak-anak yang suka menggigit. Sehingga paling utamanya adalah jauhkan dari jangkauan anak-anak. Sehingga anak-anak juga perlu diajarkan agar tidak menyentuh tanaman yang satu ini.

Jika sudah sempat terkena, maka anda harus melakukan pertolongan pertama. jika sudah sempat terkena getah beras wutah ini, kita misalkan kulit atau mata, langkah pertama yang anda lakukan adalah
  • Bilas dengan air sebersih mungkin
  • Kemudian bawa segera Ke RS terdekat
Apabila sempat tertelan beras wutah ini,maka langkah yang dilakukan adalah:
  • Silahkan memberikan korban minum susu secukupnya (jangan sampai muntah, terutama pada anak-anak untuk menghindari tersedak). 
Dan bagi anda juga yang menolong, maka anda juga harus waspada. anda harus jaga diri agar tidak juga justru terkena dampak keracunan yang sama, singkirkan sumber racun dengan menggunakan pelindung.

Info ini jangan sampai Terlepas di ANDA... Tolong di sebarkan. Karena ini adalah informasi yang sangat perlu kita ketahui bersama.


Batak Punya Updated at: 5:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.