Manfaat / khasiat daun sirih bagi kesehatan manusia

Semua pasti kenal dengan daun sirih? Dimana-mana kita dengan mudahnya menjumpai daun sirih, bahkan mungkin diantara anda yang sedang membaca dan menyimak artikel kami ini ada tanaman daun sirihnya. Jadi untuk mendapatkan daun sirih ini bisa dikatakan tidak sulit. Gampang kita jumpai namun tahukah anda banyak manfaatnya?

 Disini kita akan membahas manfaat ajaib dari daun sirih yang wajib kita ketahui. Namun sebelum itu, Kita simak dulu jenis-jenis dari daun sirih. Nah... ada banyak jenis daun sirih, seperti halnya ada daun sirih merah,hijau,dan hitam.

Sebenarnya... daun Sirih sendiri sudah dari lama dikenal banyak khasiatnya dalam pengobatan alternatif . Bahkan hal ini sudah di temurunkan oleh nenek moyang kita.

Manfaat dan khasiat daun sirih
Contohnya: untuk membersihkan Gigi dan Gusi
berikut akan kita bahas cara pembuatan obatnya ,pertama campurkan daun sirih ,kapur sirih,kapulaga,gambir dan pinang. Lalu gulung semuanya pada daun sirih dan kunyah atau bisa juga dengan digosokkan pada gigi,hingga warna gigi berubah,lalu kumur kumur dan buang sirih nya.


Khasiat daun sirih hijau
Daun sirih hijau (Piper betle),tanaman sirih hijau tumbuh merambat dengan tanaman lain dan bsa juga merambat kandungan yang terdapat pada sirih hijau adalah kavicol,estragol,minyak atsiri,kavibetol,hidrokskavicol,allylpyrokatekol,caryophyllene,cyneole,tanin,diastase,pati,dan gula. Kandungan pada minyak atsiri sangat berguna bagi anti jamur.
Adapun manfaat sirih hijau adalah:
      1.Mengobati gusi bengkak
      2.Mengobati sariawan
      3.mengobati sakit gigi
      4.Memperlancar haid
      5.Menghilangkan bau badan
      6.Menghilangkanbau mulut
      7.Membersihkan mata
      8.Mengobati keputihan yang mampu membunuh jamur jahat pada organ intim         wanita.
     9.Menghentikan mimisan
   10.Mengobati diare
   11.Mengatasi sembelit
   12.Mengobati batuk

Cara pengolahan tanaman daun sirih hijau:
Rebus beberapa lembar daun sirih kedalam air,rebs hingga mendidih,lalu setelah air mendidih,minum air rebsan daun sirih tadi sebagai pngobatan dri dalam,untuk pengobatan dari luar dengan cara membalurkan daun sirih pada bagian yang sakit,terlebih dahulu lumatkan atau haluskan daun sirih tadi.

Nah...itulah tadi pengobatan herbal dengan daun sirih,bahan yang mudah kita dapatkan,cara pengolahannya juga tidak memakan waktu yang lama.silahkan dicoba.


Batak Punya Updated at: 6:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.