Sinamot menjadikan boru batak menjadi PERTU ( Peraw4n Tua)

Pemuda Batak bila ingin menikah maka harus mengumpulkan banyak uang agar dia bisa membawa calonya sesuai yang telah disepakati.Uang tersebut disebut sebagai TUHOR ( mahar ) dan juga harus sesuai dengan keinginan pihak keluarga perempuan.

Hal ini membuat pemuda batak sulit menikah apalagi dia orang yang tidak berada, juga dengan perempuanya tak jarang menjadi lama menikah akibat Sinamot yang tidak sesuai keinginanya. Memang... tidak semua seperti itu, tapi nyatanya masih banyak kejadian seperti itu.

Kisah Nyata:
Sebut saja UCOK ( Bukan Nama Sebenarnya ), adalah seorang pemuda yang ingin melamar seorang gadis yang juga boru batak Sebut saja BUTET dan dia seorang Bidan.
Ketika dia bercerita, maka 2 tahun yang lalu dia sudah pernah ingin menikah dan sudah melamar si Butet, Namun dia pulang dengan jawaban tidak disetujui Orang tua.
Sinamot
Ketiga pihak keluarga si Butet meminta sinamot 45 juta,maka si Ucok yang dari kelurga sederhana tidak memiliki uang sebanyak itu, dan ahirnya BATAL.

Tuhor itu belum biaya adat batak, biaya adat batak sekarang pun tergolong tidak murah, sehingga jika di totalkan bisa sampai habis ratusan juta rupiah buat Meminang si gadis dan tidak jarang ini yang membuat boru batak batal menikah.

Sebenarnya tahun lalu sudah berusia dan sudah cocok menikah dan yang melamar pun sudah ada, namun gara-gara sinamot jadi ditunda dan menunggu tahun berikutnya. Tahun berikutnya pun hal yang sama terjadi,juga gagal karena sinamot, dan Tahun demi tahun begitu kejadianya hingga si perempuan menjadi Tua.

Dengan Sinamot, ada juga beberapa Pemuda batak yang memilih menikahi wanita yang tidak berdarah batak. itu karena sinamot yang terlalu tinggi.

Kalau menikah maka orang batak tidak bisa lepas dengan namanya SINAMOT.
Namun, ada saja yang masih memikirkan cinta... contohnya Lugu...
Lugu bukanlah seorang sarjana, hanya tamatan SMA sederajat... namun dapat meminang seorang boru batak dan bekerja di sebuah BANK.

Sinamot yang diterima pun tidak sampai Puluhan juta...
Namun... bukan sinamot penentu dia akan menikah atau tidak.

Jadi bagi boru batak, Jangan terlalu tinggilah sinamotnya ya.


Batak Punya Updated at: 3:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.