Buku Sonduk Hela berbahasa batak karya Tansiswo Siagian

Buku Sonduk Hela berbahasa batak karya Tansiswo Siagian, Pada hari Sabtu (10/9/2016) Sebuah Buku berbahasa batak yang berjudul "Sonduk Hela" dan merupakan karya Tansiswo Siagian akan diluncurkan di Universitas Negeri Medan (Unimed).

Buku ini dicetak sebanyak 2.000 eksemplar namun pembelinya sangat banyak.Pertengahan bulan agustus kemarin baru selesai dicetak namun sudah hampir 2.000 buku yang terjual.

Apa arti sonduk hela?
Sonduk hela maksudnya adalah Seorang laki-laki yang menikahi Seorang perempuan, dan perempuan laki-laki tersebut tinggal bersama mertuanya. Jadi posisi laki-laki dinamakan sonduk hela.
Buku Sonduk Hela
Orang batak sekarang sudah banyak yang tidak tahu lagi bahasa batak, dengan adanya buku Sonduk Hela ni adalah mengajak pemuda pemudi batak untuk tidak melupakan bahasanya.

Nungnga sahat be bukku torsa-torsa hata Batak "Sonduk Hela" na ginurit muna i lae.
Mauliate ma di hamu!
Sai lam ditambai Tuhan ta i ma di hamu bisuk dohot ringgas ni roha, na manigati dohot padimun-dimun akka na hombar tu sihabatahon ta i.
Asa adong muse dalan muna na laho manguduti torsa-torsa na mangihut, guritun muna muse gabe bukku.
Saulak nai pinasahat, mauliate ma di hamu lae, nang di saluhut akka dongan na parsidohot mangalean roha nang gogo na di na mambahen bukku on.
Horas ma mardongan tabe nauli.



Batak Punya Updated at: 3:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.