Doa yang tidak dikabulkan Allah dan doa yang ditolak Tuhan

Berdoa adalah salah satu cara kita agar lebih dekat dengan TUHAN. dimanapun anda berada maka berdoalah pada Tuhan. Baik dalam kesusahan dan juga dalam keadaan senang. Sebab, Doa bisa mengubah segala sesuatunya.

Nah... Berdoa memang sangat penting dan bisa dikatakan ini adalah sudah merupakan sebuah kewajiban. Namun... tentunya kita harus memahami juga, bahwa kita jangan asal-asal berdoa. Yang artinya, Doa kita harus sesuai dengan apa yang kita perbuat. Dissini akan saya berikan Doa yang di Tolak oleh Tuhan, atau doa yang tidak di kabulkan oleh Tuhan Menurut pandangan Kristen.

Doa

Kita berdoa kadang doa kita cepat dikabulkan dan kadang tidak dikabulkan. Ingat... Tuhan punya rencana indah bagi semua umatnya. Jadi jika doa kamu tidak dijawab, Meski kamu sudah melakukan hal yang baik dan sangat taat, bukan berarti Tuhan diam, akan tetapi Tuhan memiliki Rencana indah bagi kita. Sedangkan YESUS saja, Pernah Doanya di Tolak Oleh Allah atau tidakdikabulkan Oleh Allah.
Tidak percaya.... Mari kita Simak Ayat ini.
Markus14:36 "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.
Sebagai seorang kristen... maka kita semua tahu, Bahwa Yesus sebagai manusia adalah pribadi yang sangat hebat dan sangat ajaib yang pernah di catat di dalam sejarah maupun alkitab. dan bahkan dia adalah Tuhan kita sendiri namun statusnya menjelma sebagai manusia, Dia penuh kuasa maha tahu pembuat mukjizat dan sebagainya.

Namun dalam Ayat diatas, sebenarnya apa yang aneh di dalam doa itu?
Mengingat ketaatan Yesus selama ini kepada ALLAH, maka doa diatas adalah doa yang amat biasa. Dan juga karena Allah maha tahu, Tidak ada yang mustahil BagiNya, dalam arti, semua bisa di lakukanya. Termasuk mengambil cawan itu dari Yesus, karena yang Yesus minta adalah mengambil cawan itu DariNya.

jadi mengapa doa Yesus itu ditolak?
Mari kita simak:

Point Pertama:
Ada seorang kristen yang melamar sebagai kariawan di sebuah perusahaan ternama. Jadi dia berdoa begini. "Ya Tuhanku... apabila Engkau berkenan Aku masuk ke perusahaan itu, Maka biarlah aku di terima. Dan bila Engkau tidak berkenan, Maka Biarlah aku di tolak"

Point kedua:
Ini yang selalu saya lihat di status anak remaja sekarang, mengenai pemuda yang sedang jatuh hati kepada lawan jenisnya. Jadi doanya seperti Ini:
"Ya Tuhanku, jika memang dia jodohku maka dekatkanlah dan biarlah kami menikah, Namun jika tidak dia jodohku maka jauhkanlah dan tidak Terjadi demikian."
jika memang dia jodohku maka dekatkanlah

Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua doa diatas merupakan doa yang serupa dengan doa Yesus tapi tidak sama. sepertinya YES, namun bukan, atau istilahnya Kembar tetapi beda. Jadi persamaanya adalah, doa Yesus dan Doa orang kristen diatas, sama.. Yaitu sama-sama tidak memaksa. Jadi diamana perbedaan doa tersebut. Mari kita simak:

Pertama:
Doa kedua orang kristen diatas tidak memiliki tujuan yang jelas, sedangkan Doa yesus memiliki Tujuan yang Jelas, Yaitu Agar cawan itu diambil oleh Bapa. Dikabulkan atau tidak, maka itu adalah hak mutlak oleh Bapa.
Sedangkan doa jenis yang kedua, Tujuanya tidak jelas.Apabila Engkau berkenan, biar terjadi, tetapi kalau tidak berkenan biar tidak terjadi. Doa ini kedengaranya Rohani, namun doa ini sebenarnya bersifat Fatalis.

Kedua:
Jika ahirnya dia tidak di terima di perusahaan ternama tersebuat, maka tidak ada masalah sama sekali. "Aku percaya Kepadamu Bapa", katanya. " Aku yakin Engkau telah menyediakan Hal yang terindah".
Sebaliknya... Ternyata dia diterima di tempat perusahaan tersebut, dan juga wanita menerima lamaran si pemuda, Namun entah mengapa, dalam hidupnya Merasa tidak ada damai sejahtera.
Dan menyadari bahwa Tuhan tidak berkenan dengan apa yang dia jalani sekarang.
"Tuhan, dari ribuan pria yang melamar istriku, Hanya aku saja yang diterima. Kalau aku diterima bukankah aku bisa memberikan kesaksian yang indah bagi Kemuliaan-Mu?"
Jadi perbedaanya adalah, Doa Yesus sungguh-sungguh, Namun doa kedua orang kristen diatas di ucapkan hanyalah sebagai Formalitas. Namun yakinlah, Orang itu bukanlah anda atau orang yang anda kenal.
Lagian doa seperti itu tidak akan membesarkan iman kita sebagai orang kristen.
Artinya,ini adalah Doa Orang Yang malas Mengalir sajalah, Kalau terjadi, itu artinya sesuai dengan kehendak Tuhan, Namun kalau tidak terjadi, berarti Tuhan Tidak berkenan.

Jadi Doa Yesus itu adalah apa yang dialamiNya saat meneruskan Misi. Penderitaan dan penyalipaNya, Dia harus mengalami dua macam Penderitaan. Yaitu penderitaan Fisik dan penderitaan Emonsional.
Saat dia ditangkap dan diadili Tidak satu orangpun yang kelihatan berdiri untuk MembelaNya. Baahkan saat di atas kayu salib, Dia merasa seakan BapaNya sendiri telah meninggalkan dia. Eli, Eli lama sabakhtani?
Alllahku-Allahku,Mengapa Engkau Meninggalkan Aku, Teriak Yesus.


Jadi hukuman yang di Timpahkan KepadaNya adalah Hukuman kita. Nabi yesaya telah menunjukkan hal ini.

Yesaya 53
53:4    Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5    Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.


Jadi mengapa Doa Yesus ditolak Oleh Bapa?
Secara sederhana, hal ini di sebabkan karena apa yang di minta Yesus dalam DoaNya, Bertentangan dengan rencana Bapa.

Kesimpulanya.
Sekarang mari kita Bandingkan dalam kehidupan Kita. Anda sudah berperilaku baik, Anda sudah mematuhi segala perintah-Nya, bahkan anda sangat taat melebihi orang lain, namun mengapa Doa anda ditolak. Doa yang sewajarnya dan tidakberlebihan, Mengapa ditolakTuhan?.
Jadi Ingatlah...
Doa yang anda panjatkan .... Mungkin saja adalah Doa yang Bertentangan Dengan rencana Tuhan dalam Hidup kita.
Seandainya Kita bisa mendengar langsung..
Anakku... Doamu memang sewajarnya dan bisa saja aku kabulkan. Namun ini akan membatalkan RencanaKu dalam hidupmu.Mana yang akan Kamu Pilih?
Percayalah..... Apabila kita lebih memilih rencanaNya, Meski doa kita ditolak.. Dia akan memberikan Kekuatan yang luar biasa dan penghiburan bagi kita untuk menggenapi rencanaNya.

Ditulis oleh Henra Nainggolan
Minggu 8 Mei 2016.



Batak Punya Updated at: 4:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.