Batu Hobon bukan terbelah/pecah, hanya sedang di pugar

Setelah beberapa hari ini heboh dimedia sosial yang menyatakan bahwa batu Hobon telah terpecah/terbelah, ternyata itu adalah berita hoak.Dan hal ini telah diklarifikasi oleh Dinas Tata Ruang Pemkab Samosir.Dia mengatakan bahwa, saat ini tengah dilakukan pemugaran dan tidak ada bagian batu yang terbelah atau dipecahkan.

Dikatakan, pemugaran areal situs Batu Hobon ini tertampung dalam tahun APBD Kabupaten Samosir tahun 2016 yang dikerjakan oleh CV Sianjur Mula-mula. Salah seorang staf bermarga Pasaribu mengatakan bahwa batu Hobon sekarang dalam pemugaran dan mereka mengerjakan dengan baik dan hati-hati.


Dia pun menyebutkan bahwa ada beberapa yang mereka kerjakan dan tidak bertentangan dengan adat istiadat, jadi sesuai dengan gambar dari pemerintah. dan dia pun mengatakan bahwa itu adalah situs budaya yang tidak mungkin dikerjakan apabila memandang nilai-nilai budaya yang kita tahu selama ini.

Jadi berita yang heboh di media sosial yang sekarang ini, bahwa banyak yang memberitakan batu Hobon terbelah, itu tidak benar dan hanya issu saja. Dan menurut dia orang beranggapan salah, padahal karena ada bagian yang tertutup tanah dan itulah yang mereka bersihkan. Mungkin karena bentuk batu yang berlapis tujuh dan ada batasan setiap batu dengan kondisi yang sudah dibersihkan dari tanah.


(Baca: Seorang boru batak menghipnotis ribuan pria dengan suara merdunya)

Batu Hobon adalah tempat pomparan Ompu Guru Tatea Bulan pada mulanya bermukim. Diriwayatkan, Pusuk Buhit sebagai tempat turunnya Si Raja Batak yang pertama, diutus oleh Mulajadi Nabolon atau Tuhan Yang Maha Esa untuk mengusai tanah Batak.
Disanalah Raja Batak memulai kehidupannya. Dalam silsilahnya, Raja Batak memiliki dua orang anak sebagai pembawa keturunan atau marga dan menjaga martabat


Batak Punya Updated at: 9:49 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.