Orang batak keturunan yahudi dan orang batak Keturunan ISRAEL Yang Hilang

.
Apakah memang benar "Orang batak keturunan Yahudi"?. Atau apakah orang batak keturunan Israel yang Hilang?
Sebagai seorang pemuda yang bukan lagi kelahiran pada jaman itu, maka tidak dipastikan apakah memang batak itu keturunan Yahudi. Namun, sebagai pemuda juga yang penting mengenai sejarah, akan memberikan disini sebagai jawaban dari para tetua atau "Raja Adat" yang bisa kita simpulkan mengenai hal tersebut.

Oppung Doli (kakek, Red) Pardamean yang tinggal di Pangaribuan, Tapanuli Utara sewaktu kami berbincang-bincang ahirnya menanyakan hal ini. Alhasil Oppung itu pun "marturi-turiaan" (bercerita) menurut yang oppung tau, dan begini hasil Turi-turian kami.

Orang batak tentunya pasti tahu tentang Raja Sisingamangaraja I-XII. Pada jaman sisingamaraja, maka dia adalah pimpinan tertinggi Ugamo Malim. Malim adalah sebuah agama yang diyakini oleh orang batak pada jaman dahulu bahkan tidak ada agama lain yang dikenal baik itu agama Kristen, Islam dan agama yang lain. Parmalim disebut sebagai petinggi Malim. namun sekarang malim sudah hampir tidak bisa lagi di temukan, bahkan dikampung Oppung pardamean sendiri tidak ada lagi sudah sangat jarang ada malim bahkan sudah semua mempunyai agama dan rata-rata adalah agama Kristen.

Menurut Op pardamean mengepa selama ini banyak orang mengatakan orang batak adalah keturunan yahudi, itu mungkin karena kemiripan adat dan upacara orang yahudi kuno dengan orang batak. Sehingga disebut-sebut orang batak keturunan israel yang Hilang.

Menjaga terus silsilah (Tarombo)
Silsilah

Tarombo adalah silsilah batak dari turun temurun dan setiap orang batak ada "Marga" yang harus di ketahui juga kepada siapa dia tidak boleh menikah, kepada siapa dia panggil adik, abang dan sebagainya. Orang batak menjaga ketat ini dan tidak ada orang batak yang tidak ber marga, jika tidak maka dia bukan orang batak (terutama Laki-laki)

Bangsa israel kuno juga memiliki kemiripan dengan Orang Batak yang sampai kini terjaga. Dimana mereka juga memiliki silsilah yang wajib mereka tahu waktu itu. Bahkan didalam isi alkitab juga banyak kita jumpai tentang silsilah, tidak terkecuali dalam isi perjanjian lama dan isi perjanjian baru. Disana akan lengkap dijelaskan silsilah Yesus Kristus.

Perempuan harus dibeli (Sinamot)
marhata sinamot


Orang Batak kalau mau nikah harus mempersiapkan sejumlah uang untuk membeli perempuan dan disebut dengan "Sinamot". Setelah sinamot sudah ada dan mempelai laki-laki dan perempuan juga sudah saling setuju, maka pihak mempelai laki-laki juga harus minta persetujuan dari mempelai wanita. Dan sinamot juga diberikan atas kesepakatan kedua belah pihak.

Orang Yahudi kuno juga persis seperti ini, dimana mempelai wanita harus dibeli dan hal ini berarti bahwa betapa pentingnya mempelai wanita bagi mempelai laki-laki. Dan orang tua mempelai wanita harus menyetujui hubungan putrinya, jika ya maka ya dan jika tidak maka tidak. Bahakan dalam alkitab juga dituliskan Seperti dalam Kejadian 24:57-58, Ribka juga diberikan pilihan, apakah ia SETUJU atau TIDAK..

Anak Sulung (Siakkangan)


Sebagai pengganti Ayah dari orang batak kalau sudah meninggal adalah anak Siakkangan. Anak siakkangan akan mengganti ayahnya menjaga adik-adinya dan menuntun ke jalan yang benar, memberikan nasehat juga bertanggung jawab terhadap semua adik-adiknya.

Bagi bangsa israel Sejak dahulu kala, Anak sulung mendapat kedudukan terhormat dalam keluarga dan dialah yang meneruskan kekepalaan dalam rumah tangga. Dia mewarisi dua bagian dari harta milik ayahnya (Ul 21:17), dan dia juga yang memimpin adik-adiknya.

Pemindahan Tulang Belulang (mangungkal Holi)


mangungkal Holi

Mangongkal holi yang artinyaadalah sebuah adat atau tradisi orang batak dari jaman ke jaman membongkar kembali tulang-belulang dan menempatkannya kembali ke suatu tempat, tepatnya di sebuah tugu.

Orang yahudi juga melakukan hal yang sama, dimana kalau kita membaca kitab Keluaran, Disitu dikatakan bahwa orang Israel, ketika keluar dari Mesir, ikut membawa tulang-tulang Yusuf ke tanah Kanaan (Keluaran 13:19). Pemindahan tulang-tulang itu sendiri atas permintaan Yusuf sebelum meninggal (Kejadian 50:25).

Anak laki-laki sebgai Penerus (marga, warisan)
Ahli waris

Sebgai generasi penerus marga, maka laki-laki lah jawabanya. Perempuan jika sudah menikah, maka keturunanya tidak lagi semarga dengan dia, sudah dari marga suaminya. Bila orang batak mempunyai anak laki- laki dan perempuan, terutama laki- laki, maka statusnya berubah secara otomatis dan kehormatannya semakin meningkat. semua harta warisan orang tua adalah milik laki-laki dan marga diwariskan juga pada laki-laki.

Masyarakat Israel kuno juga memiliki kemiripan, yaitu mereka menganut sistem kekerabatan patrilineal, di mana anak laki-laki sulung meneruskan silsilah/ klan ayahnya. dan sama juga bagi orang batak jika suatu keluarga tidak punya anak laki dan hanya ada anak perempuan saja, maka Anak perempuan itu dapat melanjutkan silsilah keluarga tersebut sebelum perempuan itu menikah.



Ilmu gaib (hadatuon, Dukun) 
Orang Batak pada jaman dahulu terkenal dengan ilmu gaibnya. Dari cerita, Orang batak bisa terbang, bisa mengfhilang (marhaliddo) bahkan bisa mengubah debu menjadi tawon.dulu hadatuon adalah suatu ilmu yang dapat diajarkan dan dapat dipelajari oleh orang-orang tertentu yang memang memiliki kemampuan dan karunia khusus yang disebut sahala hadatuon.

 Baca: Contoh percakapan Bahasa batak toba degan Artinya, untuk pacar dan juga orang tua

Orang israel kuno juga adalah orang yang disegani karena ilmu gaibnya. terutama Suku Falasha (Beta Israel) di Ethopia yang sangat disegani karena paranormal disana hampir tidak tertandingi.

Dari tulisan diatas, itulah beberapa turi-turian yang kami dapatkan. Oppung pardamean mengatakan, kemungkinan besar adalah karena ini disebut-sebut batak sebagai keturunan yahudi yang hilang. Yang berarti, tidak ada yang membuktikan bahwa orang batak benar-benar keturunan israel hanya memiliki beberpa kemiripan saja dan itu tidak dapat dijadikan sebagai buktu bahwa orang batak adalah keturunan israel.

Tag: marga orang batak dan artinya, orang batak keturunan yahudi, marga batak yang paling disegani, orang batak terkaya, sifat orang batak berdasarkan marga, marga batak tertinggi, suku batak berasal dari daerah, nama marga batak islam.

0 Response to "Orang batak keturunan yahudi dan orang batak Keturunan ISRAEL Yang Hilang"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.