Permainan semasa kecil, Mana yang pernah kamu mainkan?

.
Semasa kecil yaitu tahun 90-an, banyak sekali permainan yang saat ini sudah jarang digunakan atau bahkan sudah tidak pernah dimainkan oleh anak-anak Jaman sekarang. Alasanya adalah karena kemajuan teknologi dan jaman yang modren sehingga anak-anak sekarang lupa dengan permainan yang dulu menjadi Favorit anak-anak.

Apalagi di perkampungan sangat kreatif membuat sebuah permaianan yang bisa dimainkan oleh seseorang dan banyak orang. Sehingga masa bahagia mereka begitu asik dan begitu membahagiakan dengan permainan yang sederhana tapi bisa membuat Banyak orang terhibur.

Dibawah ini akan kami berikan beberapa permaianan anak-anak khususnya bagi anda yang kelahiran tahun 90-an keatas. Coba lihat dibawah ini apakah anda masih ingat dengan beberapa permainan ini.
Permainan semasa kecil, Mana yang pernah kamu mainkan?

1. Meriam Bambu
Meriam Bambu
Permainan yang satu ini sering disebut dengan Meriam bambu. bahanya terbuat dari bambu dan dilobangi kemudian diisi dengan minyak tanah. Seseorang akan memainkanya dengan memasukkan api kedalam lubang bambu yang dilobangi kemudian menutupnya dengan cepat sehingga suaranya langsung terdengar kuat.

Biasanya anak-anak akan memainkan permainan meriam bambu ini paling seringnya wakbaru sampai selesai tahun baru. Dari desa kedesa akan terdengar suara dari meriam bambu ini sehingga tahum baru jadi ramai. Dan mereka saling adu kuat bunyi meriam bambu ini, yang lebih kuat akan disoraki.

2. Margodok (sebunyi)
Margodok (sebunyi)
Sebelum memulai permainan ini, mereka akan Cus dulu, siapa yang kalah maka dia yang akan menjaga sebuah tiang atau benda yang dijadikan patokan tempat Godok. Kemudian teman yang lain akan mencari tempat persembunyian supaya yang menjaga tidak melihat. Biasanya dihitung sampai 10, Penjaga menghadap ke dingding dan mencarinya setelah hitungan penuh. Yang bersembunyi berusaha cepat menyentuh ding-ding sebelum penjaga menyentuhnya setelah di cari. yang terlambat menyentuh, maka dia yang kalah dan dia yang menjaga Godok.

3. Ipit-ipit dari jerami
Ipit-ipit dari jerami
Seriap panen padi, ipit-ipit ini pasti selalu dibut untuk menghilangkan rasa capek. Ipit-ipit ini terbuat dari pangkal jerami padi, kemudian di bentuk seperti gambar diatas dan akan keluar bunyi suara yang unik setelah di hembus.

4. Digoari Bapakmu, Tiop pinggol nai.
Digoari Bapakmu, Tip pinggol nai
Nyali orang batak jangan ditanya lagi.. apalagi kalau sampai dinamai Bapaknya, emosinya akan meledak. Anak-anak jaman dulu kalau mau berantam dipegang dulu telinganya. Siapa yang berani memekang, berarti dia berani melawan dan mereka pasti langsung berantam. Namun sekarang kelihatanya anak-anak sudah pada damai.

5. Margala riccan
Margala riccan
Margala dilakukan lebih dari 1 orang dan dilakukan sampai 6 orang satu kelompok. Kelompok yang satu melawan kelompok yang lain akan beradu dulu dengan siapa yang menjaga dan siapa yang akan dijaga. Yang menjaga akan tetap berada di garis untuk menyentuh lawan. Sedangkan lawan harus berusaha tidak tersentuh sampai melewati garis. Apabila kena sentuh sebelum melewati garis, maka disebutlah itu gagal dan bertukar menjadi penjaga garis.

6. Di geoki
Digoari Bapakmu, Tip pinggol nai
La,,,, yang satu ini pasti anda ingat bukan?
Ya... kedua kakinya di pegang, dan seseorang menggelitii pakai kaki tepat di tengah-tengah kemaluanya. Sementara seseorang lagi memegang badan yang digeliti i di belakang agar tidak bisa melawan. Mereka akan tertawa lebar meski sering menjadi berantam.

7. Markoje ( markaret)
Markoje ( markaret)
Markaret ini juga termasuk permainan yang sangat digemari oleh anak-anak. Seperti gambar diatas, siapa yang bisa berhasil memasukkan karet kedalam lidi itu dari jarang yang telah dibuat, maka dia yang menang dan mengantongi karet kemenanganya itu.

8. Makan tebu
Makan tebu
Kalau ini sih bagi orang yang giginya kuat aja.. hehehe

9. Pulang sekolah


Pulang sekolah
Pulang sekolah lepas sepatu.

10. Latar-latar (mercon dari Busi)
Latar-latar (mercon dari Busi
Mercon dari busi sering disebut dengan latar-latar dari kampung kami. bahnya cukup gampang, yaitu dari busi dan korek apai. Biasanya permainan ini digunakan untuk menakut-nakutiorang seketika dengan bunyi yang lumayan kuat.

11. Ultop (marultop)
Ultop (marultop)
Tahukah anda, bahkan sampai keluar negeri sudah tersebar dan populer Ultop ini. Padahal permainan iltop ini hanya terbuat dari bambu. Tentunya saya jelaskan dulu cara dan aturan bermain serta bahaya dari permainan tersebut. Diantaranya  tidak boleh menembak ke arah wajah dan jarak tembak harus minimal 1 meter. INTINYA HARUS MENJUNGJUNG TINGGI SPORTIFITAS dan jiwa ksatria.

12. Marjalekkat
Marjalekkat
Marjalekkat Adalah Sebuah Permainan Tradisional yang berasal dari Sumatera Utara tepatnya di daerah sekitar Danau toba . Permainan ini sudah ada sejak dulu (untuk keterangan tahun belum lengkap) . Marjalekkat pada dasarnya sama dengan Enggrang , namun untuk di wilayah Sumatera Utara khususnya di wilayah yang bersuku batak , permainan ini disebut dengan Marjalekkat . Sama halnya seperti Enggrang , Bahan untuk pembuatannya sama yaitu bambu .Marjalekkat merupakan permainan tradisional yang cukup populer di masyarakat Batak . Permainan ini selalu di perlombakan di Pesta pesta budaya Sumatera Utara seperti Pesta Danau Toba , Pesta Rondang Bittang dsb . Hal tersebut bertujuan agar Permainan ini tidak hilang begitu saja .

13. Marsitekka
Marsitekka

Istilah ini berasal dari bahasa Jawa, di daerah Riau disebut Setatak, di daerah Jambi disebut Tejek-tejekan, sedangkan di daerah Batak Toba dikenal Marsitekka. Sitekka adalah suatu permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang digambar di atas tanah dengan membuat gambar kotak-kotak, kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu ke kotak berikutnya.

Permainan ini biasanya dilakukan perorangan dan berkelompok, biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan namun tak jarang juga anak laki-laki pun turut serta bermain.Permainan sitekka terdiri atas beberapa jenis susunan kotak.

14. Markatapel
Markatapel

15. Marsiada
Marsiada
16. Pantak/Tokok Lele
Tokok Lele
 17. Mar ye ye (Lompat karet)
Mar ye ye (Lompat karet)

18. Masi asar ni pidong (cari sangkar burung)
Masi asar ni pidong (cari sangkar burung)
19.....
Belum diketahui

20. .....
Belum diketahui

21. ...
Belum diketahui

22. ....
Belum diketahui

Baca juga: Kumpulan percakapan Bahasa batak

Tolong yang tau diisi di kolom komentar... Saya sudah lupa itu permainan apa dan juga tolong di koreksi lagi, permainan apa yang belum masuk.

Dan bagikan ke teman kamu, permainan mana saja yang pernah dia lakukan.

2 Responses to "Permainan semasa kecil, Mana yang pernah kamu mainkan?"

  1. Mauliate lae, ngingatin aku prmaenan nih 😂

    ReplyDelete
  2. Mauliate lae, ngingatin aku prmaenan nih

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.