Cara Membibitkan Cabai Merah Dan Cabai Rawit Agar Tumbuh Dengan Bagus Dari Bijinya

.
Ilmu tentang cara pembibitan tanman cabai akan kita share disini.
Sebelum kita bercocok tanam dengan cabai, Terlebih dahulu kita akan mempersiapkan bibit cabai dulu. Setelah itu, barulah kita menyiapkan yang lainya.

Yang akan kita Bahas disini adalah Khusus mengenai cara membibitkan cabai.
Benih cabai rawit Sudah banyak di jual di toko-toko pertanian, Anda bisa membeli benihnya. Namun itu sudah termasuk pemborosan modal, Padahal kita sendiri juga bisa membuatnya. Dengan cara membuat sendiri, Maka banyak keuntungan yang akan kita peroleh, Seperti mengurangi Banyaknya modal dan paling utama, Ilmu kita Makin bertambah.

Berikut Langkah-langkah untuk Membibitkan cabai merah dan cabe rawit.

Pilih Cabai Segar Dan Bagus
Kalau anda memiliki Batang Cabai, Maka silahkan cari cabai yang sudah merah dan usahakan yang tidak ada busuknya dan pilih yang masih ditangkai (jangan yang sudah Jatuh)

Kalau anda tidak memiliki  Batang pohon cabai, Maka belilah cabai dari Pasar dan pilih yang bagus. Caranya lihat Tangkainya, Akan kelihatan mana yang baru di petik dan mana yang sudah lama dipetik. Jangan menggunakan Cabai dari dari sisa-sisa penjualan, Meski terlihat merah, namun itu tidak bagus.

Setelah anda memilikinya, langkah selanjutnya adalah dengan memisahkan biji-biji cabai dari kulitnya, Kalau anda ingin membibitkan dengan banyak, Maka anda bisa menumbuk. Kalau yang anda ingin tanam masih sedikit, Sebaiknya pakai pisau saja untuk memisahkan Bijinya itu. Yakni dengan cara membelah 3 cabai dan setelah itu, Anda bisa memisahkanya.

Selanjutnya, Siapkan juga bawang merah satu siung, dan haluskan. Kemudaian bawang merah yang sudah halus dimasukkan kedalam wadah dan diisi dengan air hangat (Hangat2 kuku).

Berikutnya, Masukkan Biji cabai tersebut kedalam wadah itu dan biarkan hingga satu malaman. Setelah itu, Biji cabai yang bagus dia akan tenggelam, sedangkan yang tidak bagus, Akan melayang. Jadi buang saja yang tidak bagus itu dan kita pakai yang bagus saja. Anda bisa melakukanya dengan cara meniriskan cabai tersebut.

Setelah anda tiriskan, Maka silahkan dijemur, Tapi usahakan jangan langsung terkena terik matahari. Setelah benar-benar kering, Maka bibit cabai yang siap di semaikan telah kita dapatkan.

Menyemaikan bibit Cabe
Sebelum ditanam, Alangkah terlebih dahulu kita menyemakan biji cabe dulu. Hal ini bertujuan agar cabai tumbuh dengan merata, Karena kalau langsung ditanam, Biji capai belum tentu tumbuh semua. Dan juga tujuanya adalah bir bisa kita seleksi mana cabe yang bisa di tanam dan yang tidak bisa ditanam, dan juga kita bisa melihat mana cabai yang kena penyakit sehingga kita bisa langsung Membuangnya.

Cara menyemaikan cabe:
Kalau anda menyemaiakn dengan jumlah yang banyak, Maka anda bisa menyiapkan lahan untuk itu. Lahanya kita kandangi agar tidak diganggu hewan lain dan juga kita naungi agar terbebas dari terik matahari.

Pikihlah tnah yang subur dan halusakan sehalus mungkin. Setelah siap, maka silahkan taburkan Biji cabai ketanah tersebut dengan cara merata. Dan tutup kembali dengan tanah tapi tipis saja.

Cabai Disemayikan
Cabai Disemayikan

Setelah itu, Siramlah tiap sore, agar tanah tetap lembab dan ini bertujuan untuk mempercepat tumbuhnya cabai.

Jika anda menyemaikan dalam Pot atau Polybag, Anda bisa melakukan cara yang sama seperti diatas.

Biasanya setelah 3-5 hari biji cabe sudah menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh. Dan di hari ke 7 bibit cabe rawit sudah terlihat berdiri.

Cabai Dlam Polybag
Cabai Dlam Polybag

Cabe yang disemaikan dalam tanah, Kemudian kita pindahkan ke Polybag Setelah 7 hari. Jadi, Pilihlah cabai yang bagus dan masukkan dalam Polybag yang telah diisi tanah yang subur. Atau sudah dimasukkan pupuk, dan ukurlah sesuai takaran anda.

Jika langsung menanam cabai ketanah, Maka usahakan bibit cabai yang anda ingin tanam dipotong dengan bagus, Akarnya usahakan tidak Putus. Usahakan menanam cabai pada sore hari supaya tidak layu oleh sinar matahari.

Baca Juga: Mengatasi Hama Ulat Pada Tanaman Cabai Merah Dan Cabe Rawit

Nah,,,, Demikianlah cara sederhana untuk Cara Membibitkan Cabai Merah Dan Cabai Rawit Agar Tumbuh Dengan Bagus Dari Bijinya, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membibitkan Cabai Merah Dan Cabai Rawit Agar Tumbuh Dengan Bagus Dari Bijinya"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.