Orang Kristen Tidak Perlu Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal / Mati

Sering kali kita berpendapat bahwa kita mendoakan orang yang sudah meninggal maka akan menyelamatkan dia dari api neraka, Apakah pandangan seperti ini benar?
Ternyata itu adalah perbuatan yang salah kaprah... Mengapa?
Mari kita bahas.


Orang Kristen Tidak Perlu Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal / Mati
Boleh Ga sih Mendoakan org yg sudah mati Supaya Selamat. Boleh saja kalau mau tp tidak Guna atau lebih tepatnya perlu ga sih???

Tidak perlu

Mendoakan orang mati bukanlah kebiasaan yang berasal dari pengetahuan yang benar. Orang-orang yang sudah meninggal akan dihakimi oleh Allah dengan adil berdasarkan apa-apa yang telah mereka perbuat selama hidup mereka di bumi ini. Hal ini telah tertulis secara jelas dalam kitab Wahyu

20:12-13:
(12) Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
(13) Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.

Mempercayai bahwa doa kita dapat mempengaruhi nasib seseorang di akhirat sama saja dengan mempercayai bahwa pengadilan Allah dapat dipengaruhi oleh pendapat manusia.

Sebab bila nasib orang mati dapat diperbaiki melalui doa org yg masih hidup maka celakalah mereka yang meninggal tanpa ada yang mendoakannya (misalnya orang yang tidak mempunyai anak atau orang yang mati pada giliran yang terakhir pada akhir jaman nanti).

Oleh sebab itu saya berpendapat bahwa Perbuatan ini hanyalah perbuatan yang sia-sia tetapi bukanlah suatu dosa

Pengkotbah 9:5 mengatakan
Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, TAK ADA upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.

Jadi Adalah kebodohan jika kita berdoa bagi orang yang mati, dan lebih celakanya lagi mengharapkan satu pahala bagi org Mati. TIDAK ADA UPAH LAGI bagi mereka....................

Jadi sebelum kita mati, maka kita harus berbuat kebenaran, dan kebaikan, jangan pernah berharap setelah kamu mati maka doa orang akan berguna bagi kamu , semua akan sia-sia.

Dalam Ibrani 9: 27 menuliskan demikian, “Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu DIHAKIMI .”

Sesudah mati, manusia akan dihakimi dihari Penghakiman untuk menentukan dimana keberadaannya. Apabila ia seorang yang sudah lahir baru maka tempatnya di Surga sedangkan bila ia bukan orang lahir baru tempatnya diNeraka

Tuhan Yesus memberikan jaminan pada orang-orang percaya padaNya suatu tempat, mereka yang mati di dalam Tuhan kelak diberikan tempat tinggal di Surga. Begitu juga sebaliknya akan mendapatkan tempat diNeraka.

Kepastian masuk Surga didapatkan bukan sesudah mati melainkan selagi hidup jaminan kepastian itu sudah bisa didapat. Orang-orang yang sudah pasti masuk Surga adalah orang-orang yang sudah lahir baru, yang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta menyerahkan hidupnya menjadi milik Kristus (Roma 5: 8-10, Yohanes 3: 36).

Bijaksanalah bukan mendoakan orang yang sudah mati untuk masuk Surga melainkan menyampaikan Injil yang benar agar selagi hidup mereka sudah mendapat kepastian masuk Surga.

Itu makanya diperlukan PERTOBATAN sebelum mati, sebelum terlambat. kerjakanlah YANG BERKENAN KEPADA TUHAN.


Mengenai pembahasan diatas, mungkin saudara bertanya:

Jika Memang hal itu sia-sia, Kenapa diadakan kebaktian dan doa paad waktu penguburan orang yg meninggal.?

Sebenarnya itu adalah"
Ibadahnya dinamakan ibadah penghiburan.. Tujuannya untk memberi penghiburan yg ditinggal.. Supaya kuat jalani hdp selanjutnya tnpa almarhum.. menghibur/menguatkan/mengingatkan keluarga,sanak family, teman yg ditinggal, agar tdk bersedih berlarut larut,tabah menghadapi kehilangan orang yg dicintai dan tetap beriman kepada Tuhan Yesus. Dan agar segala acara Penguburan dpt berjalan lancar.

Baca Juga:
Mencoba Menantang YESUS, 7 Dukun Sakti Ini Malah Bertobat Menjadi Pendeta

Seperti yang telah disampaikan diatas, tidak ada larangan mendoakan orang yang meninggal, dan tidak berdosa mendoakan orang yang sudah meninggal. Jika itu penting menurutmu, dan jika itu karena adat, Maka Doakanlah.

Seperti pepatah mengatakan Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung: haruslah mengikuti/menghormati adat istiadat di tempat tinggal kita.

 Lakukan apa saja Asal itu semua kamu lakukan demi kemuliaan Tuhan.
"Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.Kolose 3:23 

Tapi yang perlu kita harus garis bawahi adalah :
MENDOAKAN ORANG YANG SUDAH MATI TIDAK DAPAT MELEPASKAN DIA DARI DOSA YANG IA PERBUAT SELAMA HIDUP DIDUNIA.


Baiklah...
Disini saya hanya menyampaikan pandangan menurut saya umat Kristen Protestan mengenai doa untuk org mati Yg mungkin memang Berbeda dgn Umat katolik ????
Tidak bermaksud berdebat karena memang mungkin kita memiliki pandangan yg berbeda.

Tuhan Memberkati

15 Responses to "Orang Kristen Tidak Perlu Mendoakan Orang Yang Sudah Meninggal / Mati"

  1. Itu menurut anda...Iman percaya dan perbuatanlah yg menentukan segalanya...Tuhan itu maha pengasih lagi penyayang...jikalau memang menurut anda berdoa bagi orang yg sdh mati itu sia" silahkan sj...jgn kamu doakan kakek & nenekmu yg sdh mati...tp paling tidak jgn kau patahkan niat orang untuk ibadah karena BERDOA ITU ADALAH IBADAH...DAN INGAT!!!! BELUM ADA ORANG YG MATI KEMBALI KE DUNIA DAN MEMBAWA KABAR SEPERTI APA DISANA....HANYA TUHAN YESUS YG TELAH BANGKIT DARI KEMATIAN......

    ReplyDelete
  2. saya sependapat bahwa yg sdh meninggal ga perlu didoakan

    ReplyDelete
  3. itu menyangkut kepercayaan orang yang sudah meninggal tempatnya ada di Surga, api penyucian dan neraka. mendoakan keselamatan kekal hanya bisa dimungkinkan bagi yang berada dalam api penyucian.

    ReplyDelete
  4. Anda perlu ikut ke pemakaman orng mati, agar anda tahu apa yg didoakan dan maksd tujuannya untuk apa?.
    Doa adlah bagian dari ungkapan syurkur.
    Jgn samakan dgn kepercayaan tetangga sebelah,
    Karna Doa buat orng mati yg dilakukan orng Kristiani, tentu saja berbeda dgn tetangga sebelah.

    ReplyDelete
  5. Ya terserah kalau sekedar pendapat, toh Allah Maha Baik.
    Semua tindakan yg didasari atas niat batin yg murni ( tanpa pengaruh pikiran karena pikiran adalah logis dan batin adalah sebuah rahasia yg sulit diukur), adalah baik.
    Optimislah, optimis melambangkan pengharapan yg tiada kenal ukuran.
    Jgn sebarkan buah pikiran mentah, karena pondasi berpikir setiap orang ,sebagian besar dipengaruhi bacaan pertama kali.
    Kasian muda mudi yg mau belajar tapi bertemu dengan olahan pikiran yg walau blm tentu salah tapi tak patut dijadikan pondasi.

    Kembali lagi sekedar memberikan pandangan dgn warna yg semoga dirahmati Allah, " semua adat dan kebiasaan yg bertujuan menenangkan dan baik jgn dihilangkan ".
    Allah beserta kita, amin.

    ReplyDelete
  6. Kalo menurut kamu itu sia", belum tentu menurut yg lain sama sepertimu.
    Oke...
    Doa untuk orang yang sudah meninggal itu tujuannya mungkin banyak.
    Selain mengiringi langkah kepergian almarhum menghadap sang bapa, doa juga bagian dari empati turut berbela sungkawa terhadap Almarhum, keluarga yang di tinggalkan. Bukan semata2 hanya ingin agar meringankan beban dosa almarhum di hadapan Tuhan Allah. Atu meminta agar almarhum masuk surga. Tidak sama sekali.
    Yang buat dia masuk surga adalah perbuatan baik almarhum selama berziarah di bumi.
    Doa dari kita hanya mengiringi kepergian almarhum menuju singgasan Surga dan untuk keluarga yang di tinggalkan.

    ReplyDelete
  7. saya tidak setuju dengan pernyataan diatas, dan sekarang kita harus kembali kepada ajaran agama masing", contohnya saya didalam ajaran katolik, orang mati/meninggal wajib didoakan karena ada 3 tempat yg kita percayakan disana yaitu, surga, api penyucian dan neraka, bila mana semakin sering kita berdoa maka jiwa" mereka akan terselamatkan bersama orang" kudus nanti pada saat hari penghakiman, karena hari penghakiman itu hanya datang satu kali yaitu pada akhir jaman, dimana Tuhan Yesus sendiri yg akan dayang untuk menghakimi yang salah dan yang benar, yang pantas disurga dan yang harus keneraka. itulah kepercayaan saya sebagai umat katolik

    ReplyDelete
  8. Ilustrasi ini harus bisa dilihat dan dipandang sebagai ujian terhadap iman.
    Ok,,,mari kita lihat !!
    Dalam hidup keseharian kita, terkadang kesalahan yg pernah kita buat, dimaafkan karena org lain. Konteks yg cukup ekstrim yg sy lihat adalah "pengadilan Allah yg tdk bisa diinterfensi oleh pendapat manusia" Kalimat ini mank keren, Tapi tidak tau diri. Siapa kita di depan Tuhan ??? Terkadang, pengetahuan yg dianugrahi Tuhan juga mebuat kita seolah -olah lebih tau dari Tuhan & tak sadar sdh memposisikan diri sebagai Tuhan.

    ReplyDelete
  9. sangat tidak setuju dengan artikel ini

    ReplyDelete
  10. Itu menurut anda tapi kami sebagai umat katolik, percaya bahwa masih ada hubungan erat dangan orang yg sdah meninggal dengan orang hidup

    ReplyDelete
  11. Pendapat saya juga sama: setelah seseorang meninggal,tudak ada kesempatan lagi utk dia memperbaiki hidupnya, atau untuk hidupnya diperbaiki oleh orang lain lewat doa atau apapun.

    ReplyDelete
  12. Hanya org tolol yg mengatakan tidak ada lagi gunanya didoakan org yg sdh mati.
    Berbeda alam saja bisa bersinggungan...dan yesus sendiri pernah menghalau roh sesat dari tubuh seseorang.

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.