Apa itu Jurusan Nautika Dalam Sekolah Pelayaran?

Sebelum kuliah tentunya kita harus tau jurusan yang akan kita pilih dan jangan sampai jurusan. Kalau sampai ambil jurusan yang bukan minat atau bukan yang kita sukai, dikhawatirkan akan menjadi sia-sia seperti kuliah jadi malas atau bahkan lama-lama menjadi tidak dilanjut lagi.
Kalau sudah begini nantinya menjadi masalah bukan?
Uang orang tua habis dan cita-citamu pun tidak tergapai.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin kuliah di pelayaran, maka kamu harus tahu jurusan yang kamu pilih. Dan sesuai judul adalah mengenai jurusan nautika.
Apa itu jurusan nautika dan dipekerjakan dibidang apa nantinya jurusan nautika?

Oke mari kita bahas:
Nautika/nau·ti·ka/ n =  ilmu tentang kelautan atau pembuatan kapal

Mungkin lebih tepatnya seperti ini nih : Ilmu Nautika adalah Ilmu/Studi yang berkaitan dengan seni dan sains tentang pengoperasian kapal (bagian dek kapal). Atau suatu bidang ilmu dimana kita akan mempelajari bagaimana belayar dan mengemudi (membawa) kapal.

Anak pelayaran © instagram.com/amimedan
Anak pelayaran © instagram.com/amimedan

Anak pelayaran © instagram.com/amimedan
Anak pelayaran © instagram.com/amimedan


 Tujuan umum dari jurusan Nautika adalah melatih para lulusan SMU/SMK/MA untuk menjadi perwira Pelayaran Besar (Samudra) bidang keahlian Nautika.
Tugas dan Tanggung Jawab untuk lulusan jurusan Nautika adalah agar dapat membawa kapal penumpang dan muatannya dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain dengan selamat.
Ijazah yang diberikan untuk jurusan Nautika adalah :

    Ijazah Akademik : Diploma III (A.Md)
    Ijazah Profesi : ANT III (Ahli Nautika Tingkat III)

Puncak karir lulusan Jurusan Nautika di kapal adalah Captain/Nakhoda pelayaran samudra dengan ijazah ANT I (Ahli Nautika Tingkat I) dengan gelar M.Mar (Master Maritim) setara S.2
Sistem Pendidikan menggunakan sistem kredit semester dengan total kredit 110 - 120 SKS. Dibawah ini merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.

    Semester I,II,III,IV : Kuliah teori dan praktikum Laboratorium di darat (Kampus & Pelabuhan).
    Semester V dan  VI : praktek berlayar di Kapal (untuk pelayaran dalam dan luar negeri)

Sebelum praktek wajib mengikuti Diklat Departemen Perhubungan (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut).

    BST (Basic Safety Training)
    PSCRB (Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat)
    TF (Tanker Familiarization)
    Deck Watchkeeping (Ahli Nautika Tingkat Dasar)
    Buku Pelaut dari Syahbandar
    Paspor dari Imigrasi, bagi taruna yang berlayar ke luar negeri


VISI
"Menjadi Program Studi bertaraf internasional yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Nautika yang berkualitas, Kompetetif, inovatif dan antisipatif terhadap dunia maritim masa kini dan masa mendatang"
MISI

    Memberikan Ilmu Pengetahuan kepelautan baik Teori maupun Praktek sesuai peraturan yang berlaku baik bersifat Nasional maupun Internasional
    Mewujudkan Akademi Maritim Cirebon menjadi institusi yang sehat secara professional dan dapat mendorong tingkat kecerdasan masyarakat secara nasional baik intelektual maupun  prilaku budaya nasional.
    Mendorong terbentuknya masyarakat pendidikan yang kooperatif dan mempunyai rasa saling memiliki.
    Mewujudkan Sumber Daya manusia yang beriman, bermutu, optimis, bersikap melayani, ramah, bangga kepada institusi AMC dan mampu memberikan kesejahteraan serta kepuasan kerja para karyawan.

TUJUAN
Tujuan Umum :

    Membuat Standar Pendidikan Kepelautan sebagai Acuan bagi Penyelenggaraan Pendidikan Kemaritiman di Indonesia.
    Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kehidupan Akademik yang sehat secara berkesinambungan untuk menghasilkan Tenaga Ahli Madya (Amd) yang mampu berwirausaha
    Melakukan pembinaan kepada Pendidikan dan Latihan Kepelautan yang menyangkut sarana dan prasarana secara tepat guna dan berhasil guna dengan metode mutakhir.
    Menigkatkan kerjasama dengan Lembaga, Institusi Pemerintah dan Swasta.Mengaktifkan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Maritim
    Mengadakan Ceramah, Seminar, Lokakarya maupun Diskusi tentang berbagai perkembangan Dunia Kelautan, khususnya menyangkut Sumber Daya di Bidang Kepelautan..
    Menumbuh kembangkan jiwa dan semangat bahari serta cinta laut kepada Institusi Pendidikan Dasar hingga Perguruan Tinggi serta Lembaga Masyarakat.



Hal ini dimaksud agar para Lulusan Akademi Maritim Cirebon dapat menjadi Tenaga Ahli di bidang Kemaritiman yang menangani berbagai Kegiatan sebagai berikut :
Pemegang kendali atas Pelabuhan – pelabuhan Laut yang tersebar diseluruh Indonesia.

    Perusahaan Pelayaran Nasional dan Internasional, BUMN dan Instansi Pemerintahan Swasta yang bergerak di bidang Ekspor / Impor, Surveyor, Logistik, Bongkar Muat, dan lain sebagainya.
    Perwira diatas Kapal milik Pemerintah, Domestik dan Asing
    Industri Pelayaran
    On Shore, Oil Shore (Pengeboran Minyak)
    Instansi Pemerintah
    Biro Klasifikasi Domestik dan Asing
    Dok dan Galangan Kapal – kapal.



SASARAN & STRATEGI
Sasaran :

    Sasaran Akademi Maritim Cirebon adalah menghasilkan Ahli Madya Nautika dan Teknika  dan Ahli Nautika Tingkat III (ANT.III) / Ahli Teknika Tingkat III (ATT.III) yang berjiwa wirausaha, berwawasan strategi cerdas secara spiritual, intelektual dan emosional sehingga mampu mengembangkan diri dan mandiri serta memiliki kompetensi handal  pada bidangnya.


Strategi Pencapaian :
Untuk mencapai Visi, Misi dan tujuan yang ditetapkan, telah dikembangkan strategi dan arah pengembangan sebagai berikut :

    Menghasilkan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan yang mampu bersaing dalam bidangnya dengan target 85% peserta didik, menempuh waktu studi 6 semester dengan IPK rata-rata 3,00 (Terlampir)
    Menghasilkan penelitian yang berkualitas  di bidang Nautika dan Teknika baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan institusi lain dengan target setiap dosen tetap satu penelitian dalam satu tahun kalender akademik dengan hasil yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah terakreditasi maupun jurnal ISSN Akademi.
    Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang Nautika dan Teknika pemberdayaan masyarakat dengan target setiap dosen tetap melakukan satu pengabdian dalam satu tahun kalender akademik.

Baca juga:

Cara agar tidak mabuk laut



Strategi pencapaiannya adalah dengan:
1. Bidang pendidikan dan pengajaran

    Melakukan evaluasi atas kebijakan akademik.
    Menggunakan kurikulum berbasis kompetensi.
    Pengembangan metode pembelajaran ke arah student centered learning (SCL).
    Meningkatkan monitoring dan evaluasi dalam proses dan hasil pembelajaran.


2. Penguatan pengelolaan Akademi Maritim Cirebon,

    Menyusun sistem dan prosedur dalam semua kegiatan akademik dan non akademik sebagai standar operasional yang terstandarisasi.
    Mengoptimalkan peranan Unit Penjaminan Mutu tingkat Akademi
    Penetapan budaya organisasi.
    Pengukuran kinerja untuk semua personil di bidang akademik dan non akademik.

0 Response to "Apa itu Jurusan Nautika Dalam Sekolah Pelayaran?"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.