Disini kita akan membahas mengenai kebiasaan orang batak, Dimana setiap tahun baru pasti Mandok Hata tepat di pergantian Tahun yaitu pukul 00.00 Wib. Dan tujuan mandok Hata ini tidak terkecuali adalah untuk Mengucap syukur kepada sang pencipta dimana Tuhan telah memberikan Kesehatan sehingga sampai pada tahun yang baru. Disamping itu, tujuan berikutnya adalah untuk saling memaafkan dan minta maaf atas kesalahan selama tahun yang lalu supaya tahun yang baru menjadi tahun yang penuh kebahagiaan tanpa ada lagi dendam dan rasa saling sakit hati.

Nah dibawah ini kita akan berikan contoh Mandok hata di tahun baru dalam bahasa batak.
Dalam mandok hata itu, Yang pertama kita sapa adalah dari yang Tua sampai yang lebih muda.
https://cakrawalanusantaranews.wordpress.com/2019/05/01/mandok-hata/


Songonima dohonon di Oppung doli/ Ompung Boru, Bapa, Uma, akkang, anggi ni iba nang dohot iboto niba maradu sude hita napungu dibagasta na martua on. Parjolo sahali mandok mauliate ma hita tu Tuhanta pardenggan basa i, disiala denggan di pasu-pasuna do namandongani hita saluhutna gabe boi hita taripar tu taon na imbaru on manalpuhon taon naburuki.
Antong anggiat ma tutu di bagasan taon naimbaru on tontong pangaramotion ni tuhan Natontong mandongani hita di ganup Pargulmiton ni dagingta.

Dirajumi roha tutu dang tagamon so adong sala ni iba maradophon hamu na nihaholongan, Ima di ompung ni iba, di natoras niba, di halak akkang niba dohot sude hita na dibagas on. Ima tutu pambahenan ni iba na so ni sengaja nang dohot nasonisengaja.

Dibahen ini salpuhon hamu ma i sude sian bagas ni rohamuna unang gabe i mangambati taon naimbaru on. Asa taon naimbaru on tutu taon las ni roha, taon dalanta rab mamuji pasangap amanta na marhuaso i.
Jadi selamat tahun baru ma dihita saluhutna, Imajo hata sian ahu mauliate.

Contoh ucapan tahun baru diatas masih sebatas sederhana. Biasanya orang batak dalam mandok hata yakni kepada semua yang ada dalam perkumpulan itu satu-satu. Nah contoh Mandok hata diatas bisa sebagai contoh bagi yang masih belajar.

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.