Silsilah/Tarombo Toga Siregar Lengkap

Advertisement
Marga siregar adalah salah satu marga dari suku batak Toba yang berasal dari Muara. Siregar berasal dari nama seorang anak dari Si Raja Lontung, yang merupakan anak Si Raja Batak. Siregar merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Berikut urutan Anak siraja lontung
  1. Sinaga, 
  2. Situmorang, 
  3. Pandiangan, 
  4. Nainggolan, 
  5. Simatupang, 
  6. Aritonang.
  7. Siregar
Kisah terbentunya siraja lontung adalah ketika Ayahnya Saribu Raja yang kawin dengan Adiknya sendiri Siboru Pareme Putra dan putri anak Guru tatae bulan. Karena perkawinan sedarah terjadi ahirnya mereka diusir dari kampung halamanya.Cerita selengkapnya pembaca bisa baca di: Sejarah Siraja Lontung SI SIA SADA INA, Dan Pomparan Siraja Lontung.

Menurut dari berbagai sumber, sama seperti kebanyakan orang batak yang selalu menyayangi Anak paling bungsunya. Siraja lontung sangat sayang kepada Siregar melebihi rasa sayangnya terhadap 6 kakak nya. Ia selalu di manja dan tidak dipaksa bekerja, sedangkan 6 orang kakaknya bekerja keras membantu siraja lontung.

Beberapa saudaranya selain Nainggolan hendak membunuh Siregar karena cemburu dimanjakan Ayahnya, Namun rencana itu gagal dikarenakan sinainggolan tidak mengizinkan dan melindungi siregar. Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, Sinainggolan membawa adiknya itu keluar dari samosir dan berangkat kemuara. Disana siregar dibesarkan hingga punya keturunan dan itulah sebabnya siregar berasal dari muara.

Ok .. Inilah Tarombo Toga Siregar:
Siregar sendiri mempunyai 2 orang istri (Yang merupakan kakak beradik) bermarga Limbong. Hal ini bisa terjadi dikarenakan istri siregar yang pertama meninggal, kemudian ia menikahi adik dari istrinya itu. Dan dari perkawinanya siregar memiliki 4 anak yaitu :

Tugu Toga Siregar, Baribaniaek, Muara
Tugu Toga Siregar, Baribaniaek, Muara
Dari Ibu Istri pertama (1) Siboru pandan haomasan boru limbong yaitu :
  1. RAJA SILO
  2. RAJA DONGORAN
Dari Ibu kedua (2) Siboru Harungguan Boru Limbong memiliki 2 putra yakni:
  1. RAJA SILALI
  2. RAJA SIANGGIAN (SIAGIAN)
Ada juga 2 Marga yang masuk ke toga siregar yaitu sormin dan ritonga. Sormin berasal dari keturunan raja Silo dan Ritonga merupakan keturunan raja silali.

Perhatikan Gambar dibawah:
Silsilah/Tarombo Toga Siregar Lengkap

Setelah menyebar, maka masing-masing keturunan siregar menyebut marga masing-masing. Keturunan Silo menyebut dirinya bermarga Silo. Keturunan Dongoran juga kemudian menyebut dirinya bermarga Dongoran, demikian juga dengan keturunan Siagian yang menyebut dirinya bermarga Siagian. Berbeda dengan Silali tidak menyebut keturunannya dengan marga Silali. Silali memiliki seorang anak laki-laki yang bernama Sapiaklangit. Kemudian Sapiaklangit memiliki dua orang anak laki-laki bernama Ritonga dengan Sormin. Keturunan Ritonga dengan Sormin kemudian menyebut dirinya bermarga Ritonga dan Sormin.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Tarombo toga siregar atau sejarah toga siregar. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silsilah/Tarombo Toga Siregar Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.